Kamis, 18 Oktober 2012

Symbian


Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile).
Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008,[1] Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian ^3 dengan PR 02 yang disebut symbian belle. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s. Ponsel symbian s60 v5 dan symbian ^3 rata rata menggunakan layar sentuh kecuali nokia e6-00 dan nokia e7.ponsel symbian ^3 yang pertama meluncur aadalah nokia n8 dengan kamera 12 megapiksel.symbian ^3 mendapat pembaruan pertama yang disebut symbian anna. digunakan di ponsel nokia x7-00 dan e6-00. sedangkan pembaruan terbaru disebut symbian belle. semua ponsel symbian ^3 bisa diupgrade ke symbian belle.
Sekarang keseluruhan saham di symbian limited telah dimiliki oleh nokia dan posisi sistem operasi symbian sebagai penguasa pasar sistem operasi bergerak telah direbut oleh sistem operasi buatan google yaitu
sistem operasi android yang meluncur pada akhir tahun 2009 dengan ponsel pertamanya htc dreaam g1.vendor ponsel seperti samsung,lg,sony ericsson sekarang tidak lagi menggunakan sistem operasi symbian dan menyatakan berhenti mendukung sistem operasi ini.
Symbian terbilang OS yang paling laris pada tahun 2007 sampai 2010 kemarin, karena memang belum ada yang menandinginya waktu itu. Symbian juga terbukti bisa tampil baik pada ponsel dan dirancang untuk multimedia, hampir semua aplikasi yang kompatibel bisa dipasang disana.  Symbian merupakan os yang dapat dimanipulasi semua yang ada didalamnya, atau dalam istilahnya di modif atau modding, symbian dapat dibentuk atau gampangnya dirubah tampilannya sesuai selera, namun untuk melakukan hal tersebut memang butuh orang yang cukup berpengalaman yang bisa memodif sampai sejauh itu. Symbian mampu bersaing dengan pesaing pesaing kelasnya, yaitu sony ericson, samsung dan lg.

.Dengan mengadopsi Symbian OS otomatis akan mendukung berbagai macam aplikasi interface (APIs). Karna Sangat disayangkan jika ponsel kita cuman bisa buat telepon dan sms aja. termasuk di dalamnya adalah multitasking kernek, middle-ware for communication, data manajemen dan grafis, GUI framework fase awal, dan berbagai aplikasi lain.
sistem operasi ini dibekali dengan kemampuan:
· Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel
· Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadi
sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa
dan konten)
· Open standard dan interoperability, modul-modulnya mudah
diimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasi
teknologi dan pemrograman interfaces (APIs)
· Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.
· Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan dengan
inovasi yang diinginkan
· Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin
keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan
tenaga dari perangkat komunikasi yang saat ini ada.
Banyak ponsel yang mengadopsi Symbian OS dan mengaplikasikannya pada
produk mereka, antara lain Ericsson R380, Nokia 9210 communicator series,
Nokia 7650,3650 , 6600, Sony Ericsson P800, Siemens SX1 dan Sendo. Bahkan
yang terbaru adalah Symbian seri 70, 80 dan 90. [Communicator 9500].


Tidak ada komentar:

Posting Komentar